Minggu, 15 Agustus 2021

Lapangan tenis memang cukup banyak peminatnya mulai dari dewasa muda hingga orang tua. Raket tenis merupakan salah satu perlengkapan yang tidak boleh dilewatkan dalam olahraga ini yang dalam bahasa Perancis disebut tenez.

Bagi pemula, memilih raket tenis bukanlah hal yang mudah karena banyak sekali raket tenis dengan berbagai merek, model, dan harga yang tersedia di pasaran. Perhatikan beberapa hal ini agar anda tidak sa;lah dalam membeli raket.

Beberapa Pertimbangan Yang Harus Anda Lakukan Saat Memilih Raket Tenis


Berat raket

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan ketika memilih Raket Tenis Head adalah beratnya. Ayunan saat beramain saat di pengaruhi dari berat raket. Raket tenis umumnya memiliki berat 300 gram.

Namun ada juga raket yang memiliki kategori ringan yang memiliki berat sekitar 250-260 gram. Dan raket yang memiliki kategori berat memiliki berat sekitar 320 gram.

Jika anda mencari raket yang lebih bertenaga dan stabil saat memukul bola, maka raket yang berat adalah pilihan yang tepat. Akan tetapi raket jenis ini akan membuat anda sulit bergerak dan cepat lelah. Sebaliknya, raket yang lebih ringan akan memudahkan Anda untuk bergerak, namun kurang bertenaga saat memukul bola.

Jadi, yang manakah sebaiknya dipilih? Pilihlah berat raket yang sesuai dengan kemampuan dan gaya permainan Anda.


Panjang Raket

Biasanya raket tenis memiliki panjang 27 inci atau setara dengan 69 cm, namun ada pula raket yang tersedia dengan panjang mulai dari 26,5 hingga 29 inci. Semakin panjang raket tenis, maka ayunan yang dihasilkan akan semakin cepat sehingga pukulan yang dihasilkan pun lebih kuat. Namun, sayangnya raket yang panjang akan membuat Anda sulit untuk bermanuver dan membidik bola.

Pilihlah panjang raket yang sesuai dengan level dan gaya pemain, apabila seorang pemula, pilih panjang raket yang 27 inci saja.


Ukuran Pegangan (Grip) Raket

Setiap orang memiliki pergelangan tangan yang berbeda sehingga dalam memilih grip atau pegangan pada raket tenis pun harus sesuai dengan ukuran pergelangan tangan. Biasanya ukuran grip untuk orang dewasa berkisar antara 10-12 cm.

Dalam hal memilih ukuran grip, sebaiknya Anda memilih ukuran yang pas atau kecil agar Anda merasa nyaman saat menggunakannya. Ukuran grip yang kecil lebih mudah untuk dimodifikasi. Jika ingin menambah ukurannya, Anda tinggal menambahkan overgrip tape pada grip raket. Sementara grip yang berukuran lebih besar, sulit untuk dimodifikasi dan membuat Anda kurang nyaman saat menggunakannya.


Anyaman Senar (String) Raket

Banyaknya anyaman pada string atau senar raket juga harus Anda pertimbangkan ketika hendak membeli raket tenis. Terdapat 2 macam anyaman senar yakni raket dengan anyaman senar yang jarang dan rapat.

Umumnya raket yang dijual memiliki anyaman senar yang jarang dengan jumlah sebanyak 16 senar vertikal x 18 senar horizontal.  Kelebihannya adalah Anda lebih mudah untuk melakukan spin, namun senarnya lebih cepat putus. Sementara raket dengan anyaman senar yang lebih rapat (18 x 20) lebih tahan lama, tapi sulit untuk melakukan spin. Biasanya senar anyaman rapat ini digunakan oleh pemain yang sudah profesional.


Bahan Pembuat Raket

Raket tenis yang terbuat dari bahan grafit, boron dan kevlar, serta alumunium ini paling sering Anda temukan di pasaran. Raket dengan bahan grafit dan aluminium memiliki berat yang ringan dan kuat.

Raket ini cocok digunakan oleh pemula maupun pemain tingkat lanjut. Sementara itu, raket yang terbuat dari bahan boron dan kevlar memiliki berat yang paling ringan dibandingkan dua bahan sebelumnya. Sayangnya raket dengan bahan ini agak kaku sehingga sulit digunakan oleh pemula.  Selain itu, harga raketnya pun lebih mahal dibanding raket berbahan grafit dan aluminium.

Itulah 4 hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli raket tenis. Usahakan memilih raket tenis dengan harga yang terjangkau, namun memiliki kualitas yang baik. Utamakan kenyamanan serta level Anda dalam bermain tenis.